10+ Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa yang Belum Memilikinya

Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa yang ada di Indonesia, siswa yang ada di Indonesia baik berada di Tingkatan SD sampai jenjang SMA haruslah memiliki NISN. Alasan penting karena manfaat NISN ini sangatlah besar, misalnya untuk melakukan perpindahan siswa dari sekolah satu ke sekolah lainnya, ataupun dipergunakan sebagai syarat dalam peserta Ujian Nasional.
Baca Juga: Cara Mencari dan mengecek NISN Secara Online dengan Nama

Bahkan untuk saat ini sejak tahun 2017 sampai dengan waktu yang tidak ditentukan, para siswa SMK/MA/SMA/Sederajat yang ingin mendaftar dalam SBMPTN dan SNMPTN haruslah memiliki NISN, sebagai syarat mutlak yang tidak boleh ditawar lagi.

Mekanisme Pengajuan NISN Bagi Siswa


Nah, bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat yang harus melaliki NISN bisa langsung atau segara mengurusnya, dengan tatacara sebagai berikut;
  1. Scan ijazah yan asli atau copy ijazah sebelumnya telah di legalisir oleh pihak sekolahan yang bersangkutan
  2. Surat keterangan Kepala Sekolah
  3. Setelah itu mengajukan Surat Pengantar dari Dinas Pendidikan setempat
  4. Langkah terkhir yang bisa dilakukan adalah dengan Mengisi form pengajuan NISN dalam situs http://nisn.data.kemdikbud.go.id
  5. Seluruh persyaratan 1 sampai 4 diatas, segera dilakukan pengiman ke email pdsp@kemdikbud.go.id dengan menggunakan Subject Email dalam email Pengajuan NISN Siswa SMA lulusan yang diisi dengan Tahun Lulusnya.

Mekanisme Pengajuan NISN Bagi Lulusan SMA/SMK/MA yang Belum Memilikinya


Untuk Lulusan SMA/SMK/MA yang Belum Memiliki NISN, cara pengajuannya badalah sebagai berikut;
  1. Seluruh Proses Pengajuan dan pendaftaran serta pengiriman data menggunakan email
  2. Setiap pengajuan NISN haruslah mengisi formulir A1 dalam format exel dan PDF serta secan izasyah terkhir (SMA/MA/SMK/Sederajat)
  3. Formulir PDF dan formay A1 haruslah sudah di tanda tangani oleh kepala sekolah
  4. Melakukan pendataan di kantor kemenang atau kantor dinas setempat
  5. File dikirim kedalam email pdsp@kemdikbud.go.id

Mekanisme atau langkah Pengajuan NISN Bagi Lulusan SMA/SMK/MA yang Belum Memiliki ini sangatlah penting dilakukan oleh para pelajar, mengingat NISN dipergunakan dalam banyak hal selama siswa atau pelajar melajutkan studi pendidikannya.

Data NISN ini bahkan sama pentingnya untuk nomor yang dipergunakan dengan KTP, atau SIM. Oleh karenannya pengurusan lebih cepat akan labih baik. Demikianlah tulisan mengenai Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Siswa Yang Belum Memilikinya. Semoga dapat beramnafaat, trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa yang Belum Memilikinya"