Pengertian Motivasi dan Inspitasi Bagi Generasi Muda

Pengertian Motivasi dan Inspitasi Bagi Generasi Muda



SeputarPembahasan.Com
- Populasi penduduk Indonesia yang padat membuat setiap individu bersaing dan berusaha untuk mencapai hidup yang layak. Persaingan yang sehat secara tidak sengaja dapat memajukan sebuah negara, namun perlu kita ketahui untuk menjadi pribadi yang maju dibutuhkan suatu motivasi.
Baca Juga: Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel

Pengertian Motivasi


Motivasi memiliki peran yang sangat penting. Motivasi dapat berasal dari dalam diri maupun dari lingkungan. Istilah motivasi memiliki arti daya gerak dalam diri seseorang yang akan mengarahkan suatu perilaku yang didalamnya terkandung unsur – unsur emosional.

Tujuan motivasi mengarah pada perbuatan untuk mewujudkan cita – cita dengan cara menyeleksi perbuatan yang kita lakukan yang demi tercapainya yang kita inginkan dan mengenyampingkan sesuatu hal yang dapat menghalangi cita – cita tersebut. Seseorang yang memiliki motivasi yang tinggi maka dia akan belajar untuk menggapai keinginannya.

Selain memerlukan motivasi ada hal lain yang penting dan berkaitan erat dengan motivasi yaitu inspirasi. Apabila kita memiliki semangat  motivasi yang kuat akan memunculkan suatu inspirasi begitu juga sebaliknya inspirasi dapat menjadikan sebuah motivasi bagi seseorang untuk mencapai tujuannya.

Pengertian Inspirasi


Inspirasi merupakan suatu proses yang dapat merangsang otak kita untuk mengeluarkan ide ataupun bekerja mengeluarkan tindakan yang kreatif.  Cara memunculkan suatu inspirasi dengan kita melihat, membaca, memahami atau mempelajari yang ada disekitar. Sumber  yang dapat menciptakan suatu inspirasi bisa berasal dari buku, musik, liburan, mengikuti seminar, dan kegiatan sehari – hari.

Contoh Motivasi dan Inspirasi Bagi Generasi Muda


Contohnya adalah bapak BJ. Habibie. Beliau adalah seseorang yang memiliki motivasi dan inspirasi tinggi untuk memajukan dan membawa harus nama negaranya dirancah internasional serta berkontribusi dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dan hal tersebut menjadi suatu kenyataan. Sosok dari BJ Habibie ini seharusnya bisa menginspirasi para generasi muda sekarang bagaimana pejuangan beliau dalam memajukan bangsa ini.

Motivasi dan inspirasi harus tertanam dalam diri para generasi penerus bangsa dari mereka kecil agar bisa berkembang kedepan dan menciptkan ide – ide cemerlang guna sebagai bekal masa depannya, menciptkan generasi berkualitas yang dapat bersaing dalam persaingan global dunia serta yang terpenting dapat menjadi generasi yang memotivasi dan menginspirasi diri sendiri dan lingkungan.

Demikianlah definisi mengenai Pengertian Motivasi dan Inspitasi Bagi Generasi Muda yang ditulis oleh Dyah Triasih. Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa kalian juga bisa baca artikel tentang pendidikan yang lainnnya yang ada dalam website ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Motivasi dan Inspitasi Bagi Generasi Muda"