Kabupaten Mesuji, dan [8] Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Mesuji, dan 8 Fakta Yang Harus Kamu Baca!



Mesuji
- menjadi salah satu daerah yang dahulunya bagian dari Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung, daerah ini sampai dengan tahun 2017 belum pernah mengalami pergantian Bupati, selain itu sebagai daerah yang relatif baru kabupaten ini memiliki berbagai fakta atau relatita yang manrik untuk diketahui.

Baca Juga: 8 Fakta Kabupaten Tulang Bawang

 

Kabupaten Mesuji



Adapun beberapa fakta mengenai Kabupaten Mesuji yang setidaknya diketahui antara lain sebagai berikut;

Fakta Kabupetan Mesuji Lampung



Mesuji menjadi daerah Terjauh dari Kota Bandar Lampung

Hal pertama yang harus diketahui tentang rute untuk sampai di Kabupeten Mesuji ini adalah letaknya, dimana untuk letak Kabupetn Mesuji berada paling jauh dari Kota Bandar Lampung, sebagai daerah Ibukota Lampung.

Untuk rute yang bisa ditempuh ketika ingin berpergian di Mesjui jika dilalalui dari Kota Bandar Lampung ialah berhenti di Terminal Rajasaba, dari Rajabasa mencari mobil kea rah Tulang Bawang. Sampai Tulang Bawang berhenti di Unit 2, dan menempuh moil atau berganti mobil lagi sampai di Mesuji, dengan jarak tempuh sekitar 5 sampai 6 Jam dari Kota Bandar Lampung.

Mesuji Memiliki Masyarakat Yang Berprofesi Sebagai Pentani

Pertanian di Kabupaten Mesuji ini bisa dibilang besar, masyarakat Mesuji utamanya bekerja di sektor pertanian. Dengan berbegai jenis tnaman, mulai dari pekebunan, sampai dengan tanaman singkong dan lain sebaginya.

Mesuji Menjadi Daerah yang Berbatasan Langsung Dengan Sumatra Selatan

Perlu setidaknya diketahui bagi setia pembaca tentang fakta Kabupaten Mesuji ini ialah terletak langsung berbatasan dengan Provinsi Sumatra Selatan yang beribukota di Palembang. Batasan yang langsung berada antara lampung dan Mesuji adalah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Mesuji Seringkali Mengalami Konflik

Konflik yang ada di Provinsi Lampung bisa dibilang cukup tinggi di bandaingkan dengan Daerah lainnya, terutama konflik ini seringkali di Kabaupaten Mesuji. Konflik yang ada di Mesuji bahkan pernah senter menjadi fokus pemerintah pusat.

Karena pada Tahun 2013 di Kabupaten ini mengalami pembunuhan masal, antara masyarakat pendatang dengan perusahaan bahkan akibat kejadian ini Mesuji di datangi sejumlah tokoh-tokoh nasional.

Mesuji Menjadi Salah Satu Daerah Tertinggal di Lampung

Fakta yang lainnya, tentang Kabupaten Mesuji ini adalah kondisinya yang masih minim infrastruktur, seperti kondisi jalan yang mana jalan di Kabupaten Mesuji ini banyak yang rusak, hingga dapatlah dikatan dalam data BPS bahwa Mesuji adalah daerah tertinggal.

Kampung Wiralaga Menjadi Kampung Tertuan di Mesuji

Fakta mengenai desa-desa di Mesuji yang menjadi catatan sejarah lain adalah banyaknya kampung yang dulunya terletak di pinggiran sungai. Sungai di Kabupaten Mesuji adalah satu satu aliran sungai yang dari Tulang Bawang.

Akan tetapi tahukan kita?, bahwa sebenarnya untuk kampung tertua di Kabupaten Mesuji adalah Kampung Wiralaga yang saat ini menjadi Ibu Kota Kabupaten Mesuji.

Mesuji Minim Tempat Pariwisata

Salah satu kabupaten yang ada di Lampung yang bisa dikatakan minim dengan tempat Pariwisata adalah Mesuji, hal ini lantaran untuk wisata-wisata di Mesuji belum dikelola atau di optimalkan. Meskipun begitu untuk salah satu rekomendasi bagi pembaca yang sedang di Mesuji dan mencari tempat wisata di Mesuji, bisa bekunjung di Wisata Taman Kehati yang terletak di Desa Mekar Sari Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji.

Demikinlah seputar ulasan tentang wawasan daerah, khususnya tulisan mengenai Kabupaten Mesuji, dan 8 Fakta Yang Harus Kamu Baca. Semoga bermanfaat, jika ada tambahan mengenai fakta-fakta lainnya di Kabupaten Mesuji silhakan bisa segara tulis di kolom komentar.

Baca Juga:
  1. 8 Rekomendasi Pondok Pesantren di Bandar Lampung
  2. 7 Tempat Angker dan Mistis di Lampung
  3. Saat Ini, Lampung Punya 8 Tokoh Yang Patut Dijadikan Inspirasi
  4. 10 Fakta Kabupaten Lampung Tengah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Mesuji, dan [8] Fakta Yang Harus Kamu Baca!"